Jumat, 18 Desember 2009

Tahun Ini Siswa SD Indonesia Panen Medali dalam Lomba Matematika Tingkat Internasional

Jakarta (Mandikdasmen): Tahun 2009 ini, siswa - siswi Sekolah Dasar (SD) Indonesia berhasil mengukir prestasi membanggakan dalam perlombaan bidang Matematika tingkat internasional. Sebanyak 75 medali berhasil mereka raih dari 4 perlombaan. Ke-75 medali ini terdiri dari 13 medali emas, 20 medali perak, 40 medali perunggu, dan 2 medali merit. Bahkan, di antara mereka juga berhasil memperoleh penghargaan sebagai the best exploration.

Adapun keempat perlombaan tingkat internasional itu adalah sebagai berikut; 10TH International World Youth Mathematics Intercity Competition (IWYMIC), di Durban 5 - 10 Juli 2009; 3RD Wizards at Mathematics International Competition (WIZMIC), di Lucknow, 27 Oktober-2 November 2009; 6TH International Mathematics and Science Olympiad for Primary School 2009 (IMSO), di Yogyakarta, 8 - 14 November 2009; dan Philippine International Mathematics Competition, di Iloilo City, 28 November - 2 Desember 2009.

Dari keempat perlombaan di atas, lomba 6TH IMSO juga menggelar lomba bidang ilmu pengetahuan. Dan ternyata, siswa - siswi SD juga berhasil meraih prestasi yang lumayan menggembirakan. Sebanyak 12 medali mereka sabet dalam perlombaan yang digelar di Kota Gudeg, Yogyakarta ini. Ke-12 medali ini terdiri dari 2 medali emas, 3 medali perak, dan 7 medali perunggu, dan the best overall, serta the best theory.

Keberhasilan siswa - siswi SD tersebut, merupakan buah kerja keras Direktorat Pembinaan TK/SD, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, bersama - sama para ahli dan para guru. Kerja keras ini sudah dimulai sejak awal tahun 2009.

Lebih jauh, panen medali di atas juga merupakan bukti bahwa pelaksanaan dua pilar kebijakan pendidikan nasional, yaitu; Pilar Peningkatan Mutu, Relevansi dan Daya Saing Pendidikan, serta Pilar Perluasan dan Pemerataan Akses Pendidikan, perlahan - lahan membuahkan hasil yang menggembirakan. Karena selain berhasil memboyong banyak medali, para peraih medali ini ternyata tidak hanya berasal dari pulau Jawa, namun juga ada yang berasal dari Pulau Kalimantan, Sumatera, dan Bali.

Nama - nama siswa yang berhasil mengharumkan Bangsa dan Negara Indonesia di kancah internasional tersebut, adalah sebagai berikut: Daftar Nama Siswa SD Pemenang Lomba Matematika Tingkat Internasional 2009.

Design by infinityskins.blogspot.com 2007-2008