Selasa, 01 Desember 2009

Tingkatkan Kesehatan Jasmani dan Rohani Melalui Porseni

jakarta, Dalam mewujudkan guru yang sehat jasmani dan rohaninya, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan...

(Ditjen PMPTK), Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) menyelenggarakan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Guru tingkat nasional yang berlangsung mulai 19-25 November 2009, di Komplek SMA Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta.

Porseni Guru 2009 yang bertemakan "Porseni Guru 2009 sebagai Upaya Mewujudkan Guru yang Profesionalisme dan Bermartabat", dibuka langsung oleh Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), Mohammad Nuh, pada jumat, (20/11) kemarin.

Diselenggarakannya Porseni Guru tahun 2009 bertujuan untuk meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani guru sebagai salah satu upaya guru untuk meningkatkan profesionalitasnya. Disamping itu, untuk menjalin persahabatan dan silahturahmi antarguru agar terjadi kepahaman yang sama mengenai pentingnya nilai-nilai dalam olahraga dan seni serta meningkatkan sportifitas dan kecintaan guru terhadap olahraga dan seni.

Dalam sambutannya, Mendiknas mengatakan bahwa "Sehat dan cerdas adalah modal paling mahal dan sangat menentukan masa depan bangsa".

Mendiknas juga menyampaikan, nasib bangsa ini tergantung dari anak-anak muda. Karena mereka yang akan menentukan dan mewarisi masa depan bangsa. "Anak-anak muda ini bisa baik dan tidak baik sangat tergantung dari ibu dan bapak guru. Artinya, sebenarnya yang menentukan masa depan bangsa ini tidak ada lagi kecuali para guru," katanya.

Disamping itu, Mendiknas juga meminta kepada para guru yang mengikuti Porseni Guru 2009 agar bersikap sportif. "Oleh karena itu, tanamkan betul seperti janji atlet dan wasit tadi, karena sportif itu dalam bahasa yang sederhana adalah mengikuti aturan," kata Mendiknas.

Porseni Guru tahun 2009 ini, diikuti oleh para guru sekolah negeri maupun swasta yang masih aktif pada setiap tingkatan, jenis dan jenjang pendidikan, dengan Jumlah 240 atlet dan 40 official, yang terdiri atas para pemenang di tingkat regional. Porseni Guru akan mempertandingkan tiga cabang olahraga, yaitu Bola Voli, Bulu Tangkis, dan Tenis Meja.

Dalam pelaksanaan pertandingan dibagi dalam dua bagian. Pertama pertandingan regional di daerah. Kedua, pertandingan tingkat regional yang dibagi dalam delapan region yaitu, region 1 di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Barat diikuti dari Provinsi Sumatera Barat, NAD, dan Bangka Belitung; region 2 di LPMP Jambi diikuti Provinsi Jambi, Bengkulu, dan Sumatera Selatan; region 3 di LPMP Jawa Barat diikuti Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, dan Lampung; region 4 di LPMP Jawa Tengah diikuti Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Selanjutnya, region 5 di LPMP NTB diikuti Provinsi NTB, NTT, dan Provinsi Bali; region 6 di LPMP Kalimantan Tengah diikuti Provinsi Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan; region 7 di LPMP Sulawesi Selatan diikuti Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, dan Gorontalo; dan region 8 di LPMP Maluku Utara diikuti Provinsi Maluku Utara, Maluku dan Papua. Para pemenang dari tiap-tiap region akan dikirim bertanding ke jakarta.

Acara penutupan Porseni Guru 2009 dan penyerahan piala/medali diselenggarakan bertepatan dengan Hari Guru Nasional dan HUT ke-64 PGRI, pada 25 november 2009 di Auditorium Gedung D Lantai 18, Depdiknas, Senayan, Jakarta. (AND) -Sidiknas-

Design by infinityskins.blogspot.com 2007-2008